Rangkuman Bab 6 Analisis Data

Analisis Data

Amira Nabila Kalyani 8E

(Absen 04)


A. Tujuan Bab

Jika mempunyai kumpulan data yang cukup banyak, akan sulit untuk melakukan pencarian data tertentu dalam kumpulan data tersebut.

Untuk membantu analisis data, kalian juga dapat menampilkan data dalam bentuk visual, seperti grafik untuk membandingkan data yang satu terhadap data yang lain. Kalian akan mempelajari cara mengolah data dari sekumpulan data menjadi data yang lebih ringkas, atau yang biasa disebut peringkasan data. Peringkasan data merupakan salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Dalam peringkasan data, kita hanya menampilkan data yang penting, dan kemudian dapat melakukan pencarian lebih dalam jika diperlukan. Selain itu, kalian juga dapat mengelola data dan menentukan kriteria untuk menampilkan data sesuai dengan tujuan.

B. Mengenal Data

1. Apa itu data? 

Data adalah sekumpulan keterangan ataupun fakta yang dibuat dengan kata-kata, kalimat, simbol, angka, dan lainnya. Data disini didapatkan melalui sebuah proses pencarian dan juga pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu

2. Satu ukuran data

Ukuran atau satuan penyimpanan data pada komputer menggunakan satuan byte. atau juga dikenal dengan bita. Byte adalah satuan penyimpanan terkecil yang digunakan untuk menghitung penyimpanan data dalam komputer.

3. Apa itu analisis data?

Analisis data adalah proses pengolahan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan untuk solusi suatu permasalahan.

4. Apa itu interpretasi data?

Interpretasi data adalah proses meninjau data dan sampai pada kesimpulan yang relevan dengan menggunakan berbagai metode analisis. Analisis data membantu peneliti dalam mengkategorikan, memanipulasi, dan meringkas data untuk menjawab pertanyaan kritis.

5. Mengapa Perlu Analisis Data?

Analisis data sangat diperlukan, sebab pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada.


B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja 

1. Mengenal Perkakas

Kita bisa menggunakan excel untuk melakukan analisis data

2. Worksheets

Worksheet atau kertas adalah selembar kertas dalam baris di Excel. Worksheet juga dikenal sebagai lembar kerja Excel, terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris. Lembar kerja ini digunakan untuk memasukkan data, membuat grafik, memasukkan rumus, dan membuat tabel.

3. Freeze Panes

Freeze Panes berfungsi untuk mengunci kolom dan/atau baris sehingga saat kita menggulir (scroll) ke bawah atau ke atas untuk melihat lembar (sheet). Setelah itu, kolom dan/atau baris yang terkunci akan tetap berada di layar tanpa bisa digeser.


5. Format Cells

Format Cell Excel adalah fitur pemformatan pada Microsoft Excel untuk mengubah tampilan data pada cell untuk tujuan tertentu tanpa mengubah data itu sendiri.


C. Pengolahan Data Dasar 

1. Fungsi Dasar

Mengelompokan data dan informasi. Memudahkan identifikasi data. Menghindari data ganda yang tersimpan. Memudahkan akses, simpan, pembaruan, dan penghapusan data.

2. Fungsi Statistik Dasar

1. average berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari Sekumpulan data

2. median berfungsi untuk mencari median dari Sekumpulan data

3. mode berfungsi untuk mencari nilai yang paling banyak muncul dari Sekumpulan data

4. Max berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari Sekumpulan data

5. Min berfungsi untuk mencari nilai minimum

6. count berfungsi untuk menghitung banyaknya sel yang mengandung angka termasuk tanggal dan fungsi yang menghasilkan angka.

3. Logical Function

Fungsi Logika pada Excel berguna untuk menguji apakah data memenuhi kriteria atau tidak. Anda bisa menentukan kriteria sendiri dalam pengujian. Pada Rumus / Fungsi IF, Anda bisa menentukan hasil yang diinginkan.

D. Pengolahan Data Lanjutan

1. Sort

Fungsi SORT mengurutkan konten rentang atau larik.


2. Filter

Fungsi FILTER memungkinkan Anda memfilter rentang data berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

3. Data Validation

Data validation pada Excel adalah fitur untuk melakukan validasi data yaitu memastikan data yang dimasukkan pada suatu sel atau range telah memenuhi kriteria tertentu. Data validation secara umum berguna untuk mengurangi tingkat kesalahan input data dalam jumlah besar.


4. Share and Protect

Untuk mencegah pengguna lain secara tidak sengaja atau sengaja mengubah, memindahkan, atau menghapus data dalam lembar kerja, Anda bisa mengunci sel di lembar kerja Excel Anda lalu memproteksi lembar tersebut dengan kata sandi


E. Kasus Analisis Data Unplugged

Jika di sekolah tidak ada komputer atau aplikasi lembar kerja, kalian masih bisa melakukan analisis data secara unplugged dengan cara menyimulasikan lembar kerja dengan selembar kertas.



Link video materi analisis data:



Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman TIK Bab 1 Jaringan Komputer by Amira N Kalyani (8E/04)

Liputan Acara Digilabs

Informatika dan Pembelajarannya